Mengenal Desain Pemodelan Grafis



Judul : Mengenal Desain Pemodelan Grafis
Nama : Ery Rivaldi
Kelas : 3IA22
Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafik
Nama Dosen : Syefani Rahma Deski

Sejarah desain pemodelan grafis
Kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika. Raffe’s Graphic Design, yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan istilah Desain Grafis pada judulnya “The signage in the London Underground” adalah contoh desain klasik pada abad modern yang menggunakan jenis huruf yang dirancang oleh Edward Johnston pada tahun 1916. Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Pada saat ini adanya mesin cetak dan komputer juga merupakan dua hal yang secara signifikan mempercepat perkembangan penggunaan seni desain grafis hingga akhirnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain. Koran, majalah, tabloid, website yang sehari-hari kita lihat adalah produk desain grafis. Bahkan animasi Spongebob Squarepants walaupun lebih dikenal dengan sebutan kartun yang sering kita tonton di televisi merupakan bagian dari produk desain grafis juga.Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

Pengertian desain pemodelan grafik/grafis
          Diambil dari tiga kata yaitu Desain, Pemodelan dan Grafik. Apa itu desain? Desain merupakan pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda atau objek, menurut KBBI desain berarti kerangka bentuk, rancangan, motif, pola, corak. Desain merupakan bentuk perumusan dari berbagai unsur termasuk berbagai macam pertimbangan di dalamnya.
            Apa itu pemodelan? Pemodelan merupakan suatu tahap dimana akan dibentuk suatu objek. Objek yang dibuat akan dibentuk seolah-olah menjadi nyata. Dengan adanya suatu proses desain, objek tersebut dapat dibuat menjadi bentuk 2D, 3D maupun 4D. Proses pemodelan dibutuhkan ketika perancangan dari desain telah selesai dan objek pun dapat dibuat sesuai dengan tujuan dari pembuatan objek.
Apa itu grafik(grafis)? Grafik/grafis terdiri dari suatu titik, garis, tanda dan bentuk huruf. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.
Dari 3 kata pengertian tersebut dapat disimpulkan Desain Pemodelan Grafik merupakan suatu proses dimana akan diciptakan suatu obyek yang baru menggunakan suatu perangkat lunak yang melalui tahapan seperti membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra. Kegiatan yang biasanya berkaitan dengan grafik computer.


Prinsip dan unsur-unsur pemodelan grafik/grafis
            Prinsip-prinsip pemodelan grafik seperti keseimbangan(balance), (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas. Sedangkan unsur-unsur dari pemodelan grafik seperti Garis(line) unsur design yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga berbentuk gambar lengkung atau lurus, Bentuk(shape) segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar, Tekstur(texture) tampilan permukaan dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba, Ruang(space) jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, Ukuran(size) unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek, Warna(color) merupakan unsur penting dalam objek desain karena dengan warna bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual secara jelas.

Jenis-jenis grafik/grafis
          Grafis merupakan kata lain dari citra visual(image) yang memiliki beberapa atribut seperti warna CYMK(Cyan, Yellow, Magenta, Black), RGB(Red, Green, Blue), BW(Black, White); Resolusi Grafik yang mendeskripsikan tentang banyaknya detail gambar yang tersimpan dan sering digunakan sebagai jumlah pixel dalam pencitraan gambar digital; dan Tipe File seperti BMP, JPG, PNG, GIF, PCX, CDR, SVG.
            Jenis-jenis grafik ada dua jenis yang pertama terdiri dari Grafik Bitmap yaitu duplikan atau tiruan persis dari gambar asli dalam bentuk gambar digital yang tersusun dari sejumlah titik pixel(picture element)/dot/point/titik koordinat yang membentuk suatu pola dan pola itu lah yang menghasilkan atau menimbulkan kesan gambar. Yang kedua terdiri dari Grafik Vektor yaitu gambar yang tersusun oleh sekumpulan garis, kurva, dan bidang tertentu. Setiap garis, kurva dan bidang tertentu tersebut mempunyai properti atau atribut masing-masing berupa fill, stroke dan node, gambar vector ini tidak dipengaruhi oleh titik pixel(dpi) seperti pada gambar bitmap

========================================================================
Sumber :
 


            https://missimanakondou.wordpress.com/it-ma/xii/gasal/jenis-grafis/

You Might Also Like

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.