Peran Penting para Pemuda dalam Merajut Masa Depan Bangsa


Peran Penting para Pemuda dalam Merajut Masa Depan Bangsa

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) arti pemuda adalah
pe.mu.da
[n] orang yg masih muda; orang muda: -- harapan bangsa


Definisi dari Pemuda adalah suatu generasi yang dipundaknya terbebani berbagai macam – macam harapan, terutama dari generasi lainnya. Hal ini dapat dimengerti karena pemuda diharapkan sebagai generasi penerus, generasi yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya, generasi yang mengisi dan melanjutkan estafet pembangunan. Di dalam masyarakat pemuda merupakan satu identitas yang potensial sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan bangsanya karma pemuda sebagai harapan bangsa dapat diartikan bahwa siapa yang menguasai pemuda akan menguasai masa depan.

Dalam kosakata bahasa Indonesia, pemuda juga dikenal dengan sebutan generasi muda dan kaum muda. Seringkali terminologi pemuda, generasi muda, atau kaum muda memiliki definisi beragam. Definisi tentang pemuda di atas lebih pada definisi teknis berdasarkan kategori usia sedangkan definisi lainnya lebih fleksibel. Dimana pemuda/ generasi muda/kaum muda adalah mereka yang memiliki semangat pembaharu dan progresif.

Generasi Muda yang Progresif di sisi lain di tandai dengan generasi muda yang mau untuk berfikir diluar “pakem” yang telah membudaya (think out of the box), guna menemukan hal-hal baru yang berguna bagi kehidupan umat manusia. Dengan kata lain, generasi muda yang progresif adalah generasi muda yang mampu dan dapat berfikir kritis dalam menghadapi realitas sosial politik yang sedang terjadi. TOB sejatinya pengembangan dari pemikiran kritis yang mampu berfikir luas dan membawa pengaruh bagi manusia terlebih dapat mengasah beberapa penelitian atau riset baru dalam kajian ini.

Generasi muda dewasa ini telah tergerus oleh mental–mental khas kemodernan serta tak luput dari fenomena globalisasi yang telah merajalela. Padahal seperti yang diketahui, mental adalah poin penting bagi seorang anak manusia dalam mengarungi kehidupan baik pahit atau manisnya hidup. Tanpa adanya pemikiran mental sekeras baja maka memungkinkan terjadinya lemah mental dan cenderung pasrah dalam menghadapi persoalan kehidupan yang cenderung semakin tahun permasalahan masyarakat khususnya masyarakat kecil kian kompleks.Kaum muda sebagai penopang masa depan Indonesia selayaknya mendapatkan tempat khusus bagi pemerhati pendidikan serta para orang tua.
Dalam pembentukan mental dan kepribadian ini dibutuhkan bagi seorang pribadi sebagai upaya perkembangan diri melalui cara berfikir dengan prinsip Think Out of Box ini yang merupakan suatu kalimat ditujukan bagi penciptaan suatu pemikiran kreatif yang bermula dari cara berfikir yang berbeda, diluar dari kebiasaan orang kebanyakan.

Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat sangat membutuhkan sekali peran pemuda untuk kemajuan kedepannya, hal yang paling menonjol dari pemuda ialah dengan cara melakukan perubahan menjadi lebih baik dan menjadi lebih maju. Dengan semangat 45 pemuda bisa merubah segalanya menjadi lebih baik. perubahan hampir selalu di majukan oleh para golongan muda. pemuda merupakan pilar bagi kebangkitan umat, banyak kewajiban pemuda yaitu tanggung jawab.

Begitu pentingnya peran pemuda saat ini untuk merajut masa depannya dan juga masa depan bangsa, apa yang terjadi jika pemuda saat ini melakukan tindakan yang salah. Tentunya sudah ada beberapa contoh peran dari pemuda saat ini yang tak patut ditiru dari kemodernan tingkah laku yang salah. Seperti narkoba, dan tindakan asusila yang kerap juga dilakukan oleh para pemuda yang berakhir pada masa depan yang terancam.

Narkoba sendiri adalah singkatan dari Narkotika dan Obat berbahaya. Selain “narkoba”, istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif. Semua istilah ini, baik “narkoba” atau napza, mengacu pada sekelompok zat yang umumnya mempunyai resiko kecanduan bagi penggunanya.Menurut pakar kesehatan narkoba sebenarnya adalah psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini pemanfaatannya disalah gunakan diantaranya dengan pemakaian yang telah diluar batas dosis / over dossis.

Begitu miris ketika para pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa mengkonsumsi narkoba dalam kehidupannya, bahkan sebagian pemuda ikut serta dalam konstribusi dalam pengedaran dan pembuatan narkoba. Angka kematian dari pemuda pun cukup mencengangkan dari pengkonsumsian narkoba, semenjak Tahun 2002 jumlah korban penyalahgunaan Narkoba tercatat sebanyak 23.660 orang, yang sebagian besar korbannya adalah para pemuda. Ini di kemukakan oleh Direktorat Jenderal Rehabilitas Sosial.

“Indonesia saat ini tidak hanya menjadi daerah pemasaran gelap narkoba tapi juga sebagai daerah produsen narkoba. Sebagian besar korban penyalahgunaan narkoba berusia 15 sampai dengan 25 tahun. Jumlah kasus penyalahgunaan narkoba yang terlaporkan terus meningkat. Pada tahun 1999 berjumlah 1.833 kasus, tahun 2000 berjumlah 3.478 kasus dan pada tahun 2001 berjumlah 3.617 kasus (sumber data Badan Narkotika Nasional), sedangkan menurut data Pusdatin Kesos Tahun 2002 jumlah korban penyalahgunaan Narkoba tercatat sebanyak 23.660 orang. Fakta yang paling memprihatinkan adalah semakin banyaknya remaja yang memulai perkenalannya dengan narkoba pada usia yang sangat muda, yaitu : menghisap rokok pada usia 6 tahun dan menggunakan obat obat-obatan / heroin / narkoba jenis lain pada usia 10 tahun.”

Sumber : Direktorar Jenderal Rehabilitas Sosial  atau 


Tahun 2002 jumlah korban penyalahgunaan Narkoba tercatat sebanyak 23.660 orang saat ini pastilah mungkin lebih dari 23.660 orang yang meniggal dunia akibat dari narkoba, bahkan dengan itu pula para pemuda banyak yang terkena penyakit HIV/AIDS akibat dari narkoba jenis suntik, yang kerap kali di pakai bergantian yang mereka anggap itu keren atau gaul, dan tidak berpikir dua kali tentang masa depannya dan masa depan bangsa, hingga akhirnya berujung pada kematian yang sia-sia. Sayang sekali jika para pemuda mati dengan sia-sia hanya karena permasalahan yang seperti ini, begitu pentingnya peran pemuda bagi bangsa, bahkan bung karno presiden pertama Indonesia menyatakan demikian “Berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Disini sangatlah penting peran pemuda di mata soekarno sebagai pembangun dan mempertahankan perjuangan bangsa Indonesia dari kemerdekaan, yang di maksudkan kemerdekaan disini bukanlah hanya sekedar kemerdekaan terbebabasnya dari penjajah, tetapi juga kemerdekaan dari membangun dan mempertahankan masa depan bangsa dan juga menjunjung tinggi cinta tanah air, dengan pengetahuan yang dimiliki oleh para pemuda dimana pada dasarnya ilmu pengetahuan selalu berkembang.
  
Peran generasi muda juga menjadi penting bagi masa depan daerah-daerah yang misalnya pernah mengalami konflik. Sifat menghargai dan keterbukaan terhadap berbagai ide dan budaya dapat mengembatani beragam etnis, ras, kelompok-kelompok sosial dan politik. Dengan memanfaatkan potensi ini, diharapkan ada sebuah peluang untuk menciptakan masa depan yang lebih damai bagi generasi berikutnya.

Pemuda kapan pun dan dimana pun ia berada adalah harapan bagi bangsanya. Harapan untuk perbaikan dan kemajuan ada di tangan pemuda. Oleh karena itu, pemuda harus memiliki idealisme yang tinggi dan mental yang kuat untuk bisa menanggung beban yang diberikan di pundaknya. Peran pemuda dalam setiap episode sejarah tentu berbeda. Skenario yang akan dimainkan pasti tidak sama, karena kebutuhannya pun sudah berbeda dari waktu sebelumnya. Apa pun dan bagaimana pun konstribusi pemuda dibutuhkan oleh bangsa.

Mental yang kuat dan sikap cinta tanah air yang tinggi akan sangat dibutuhkan oleh para pemuda dalam merajut masa depan bangsa demi meraih kemajuan dan pembangunan bangsa. Dengan mental yang kuat para pemuda akan lebih idealis dalam memilih dan melaksanakan suatu pekerjaan juga meraih ilmu pengetahuan dari konstribusi hal yang kecil yang kelak akan berguna untuk dikembangkan oleh anak bangsa. Dimulai dari suatu hal yang kecil bisa menjadi sesuatu hal yang sangat jauh lebih besar, tergantung dari pribadi para pemuda penerus bangsa, diamana suatu yang dianggap tidak buruk dalam pelaksanaanya(sebenarnya buruk), jika dilakukan terus menerus para pemuda akan bosan dengan hal itu dan melanjutkannya ke tingkat yang jauh lebih besar karena itu lah fitrah dari pemuda(bahkan mengkin fitrah dari manusia), tidak pernah puas dengan yang telah dilakukan atau didapatnya, ini sangatlah menghawatirkan bagi para pemuda yang memiliki kebiasaan buruk, karena pasti jika tidak dapat di antisipasi, pemuda yang memiliki kebiasaan buruk ini akan melanjutkannya ketingkat yang lebih tinggi, dari suatu hal yang buruk tersebut. Oleh sebab itu, Masa depan yang kita banggakan adalah masa kini yang kita jalankan. Hidup para Pemuda Generasi Penerus Bangsa.

You Might Also Like

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.