Keamanan pada Internet



Keamanan pada Internet
Internet telah menjadi kebutuhan pokok sebagian orang pada saat ini, sehari saja tidak membuka internet hidup terasa ada yang kurang. Internet seperti sebuah jendela yang sangat besar, ketika Anda bangun tidar dan melongok keluar anda bias melihat apa pun yang anda inginkan. Anda tidak perlu lagi ke perpustakaan untuk mendapatkan bahan-bahan skripsi anda dan tidak perlu menonton televise untuk melihat perkembangan yang terjadi di luar, tentu itu hanya beberapa contoh saja. Dengan Internet anda bias mendapatkan informasi yang baru, menjalankan bisnis anda, melakukan transaksi keuangan, kampanye dan lain-lain.
            Perkembangan internet sangat pesat, hingga saat ini pengguna internet telah mencapai lebih dari 1,6 milyar pengguna bahkan terus meningkat tiap tahunnya. Internet telah menjadi rujukan pertama bagi orang-orang yang haus akan informasi. Internet juga menjadi ladang empuk bagi para penjahat untuk melancarkan aksinya.
            Pencurian data merupakan masalah yang sangat serius, rata-rata data yang dicuri merupakan data yang sangat pribadi dan sangat rahasia seperti akun Internet Banking, email dan kartu kredit, bahkan seorang pegawai pertahanan AS pun pernah menjadi korbannya.
            Kejahatan terhadap anak di bawah umur juga semakin merajalela di internet. Dari kasus remaja putri yang dibawa lari pacarnya sampai penjualan anak di bawah umur. Kejadian itu rata-rata terjadi karena kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak ketika menggunakan computer dan internet, serta kurangnya pengetahuan orang tua di dunia teknologi dan informasi.
            Fitur-fitur keamanan yang terdapat pada system operasi Windows seperti Internet Explorer 8 yang dilengkapi anti phishing, anti malware, dan InPrivate Browsing. Pada Windows Vista dan Windows 7 ditambahkan fitur BitLocker yang digunakan untuk mengenkripsi data dan Windows Parental Control yang dapat digunakan untuk mengontrol anak-anak ketika menggunakan computer dan internet. Selain itu Microsoft Security Essentials(anti virus gratis keluaran Microsoft), Malicious Software Removal Tool, AppLocker padaWindows 7 untuk menghalau aplikasi portable dan aplikasi-aplikasi keaman lainnya.



Referensi:

Susilo, Andik. 2010. Teknik Cepat Memahami Keamanan Komputer dan Internet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

You Might Also Like

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.