Penulisan 1 - Game Theory

Nama               : Ery Rivaldi

NPM          : 53414655
Kelas          : 3IA22


1.     Elemen dasar game
Agar game dapat dimodelkan secara matematis, diperlukan 4 elemen dasar dari sebuah game:
1.      Pemain
2.      Tindakan
3.      Payoff
4.      Informasi
Keempat elemen itu disebut juga  Rules of The Game. Para pemain berusaha memaksimalkan kemampuan mereka, dengan cara memilih strategi yang tepat berdasarkan informasi yang mereka miliki. Keadaan di mana setiap pemain telah menentukan strategi yang optimal disebut kesetimbangan (equilibrium). Dengan mengetahui kesetimbangan dari suatu game, pemodel dapat mengetahui tindakan/strategi apa yang dipilih oleh para pemain yang terlibat, dan juga outcome dari game tersebut. Setiap pemain mungkin memiliki lebih dari satu strategi yang dapat digunakan untuk memenangkan permainan dan akan memilih strategi mana yang paling tepat untuk jenis permainan yang dimainkannya.

2.     Pengertian rules of the game
Rules, Di dalam sebuah game, harus terdapat perjanjian atau peraturan yang tidak dapat dirubah atau dipengaruhi oleh pemain. Oleh karena itu, dalam memainkan suatu game, pemain harus patuh dan bermain sesuai aturan yang berlaku.

3.     Strategi pada payoff disetiap game
Pada rules of the game Para pemain berusaha memaksimalkan payoff mereka, dengan cara memilih strategi yang tepat berdasarkaninformasi yang mereka miliki. Pay-off adalah hasil akhir yang terjadi pada akhir permainan berkenaan dengan ganjaran ini, permainan digolongkan menjadi 2 macam kategori, yaitu permainan jumlah-nol (zero-sum games) dan permainan jumlah-bukan-nol (non-zero-sum games). permainan jumlah-nol terjadi jika jumlah ganjaran dari seluruh pemain adalah nol, yaitu dengan memperhitungkan setiap keuntungan sebagai bilangan positif dan setiap kerugian sebagai bilangan negatif. Selain dari itu adalah permainan jumlah – bukan-nol. Dalam permainan jumlah-nol setiap kemenangan bagi suatu pihak pemain merupakan kekalahan bagi pihak pemain lain. letak arti penting dari perbedaan kedua kategori permainan berdasarkan ganjaran ini adalah bahwa permainan jumlah-nol adalah suatu sistem yang tertutup. Sedangkan permainan jumlah-bukan-nol tidak demikian halnya. Hampir semua permainan pada dasarnya merupakan permainan jumlah-nol. Berbagai situasi dapat dianalisis sebagai permainan jumlah-nol.

4.     Unsur-unsur Game Theory
Ada beberapa unsur atau konsep dasar yang sangat penting dalam penyelesaian setiap kasus dengan teori permainan. Berikut penjelassan selengkapnya :
  1.  Jumlah Pemain
  2. Ganjaran/Pay-off
  3. Strategi Permainan
  4. Matriks Permainan
  5. Titik Pelana (Saddle Poin)


5.     Strategi murni(pure strategy) dengan prinsip maximin dan minimax
Prinsip maximin dan minimax
  • Jika maximin = minimax, maka game memiliki sebuah saddle point ; dan game dikatakan setimbang (memiliki kesetimbangan / equilibrium).
  • Dalam hal ini, saddle point = (1,y), dan value of game = 4.
  • Jika A dan B mengikuti prinsip maximin dan minimax, maka game akan mencapai kesetimbangan, di mana A memilih strategi 1, dan B memilih strategi y.


6.     Binding commitmen pada game
Game kooperatif adalah suatu game yang pemainnya dapat mengadakan komitmen yang saling mengikat (binding commitment) para pemain membuat komitmen yang mengikat (binding commitment) untuk meningkatkan outcome mereka.. Hal demikian tidak terjadi pada game nonkooperatif. Jika komitmennya tidak mengikat, game tidak dapat bersifat kooperatif, karena para pemain mungkin akan melanggar komitmen tersebut untuk kepentingan dirinya.

7.     Pengambil keputusan pada teori game catur dan sepakbola
Teori game adalah studi tentang model matematika yang berkaitan dengan konflik maupun kerja sama antara para pembuat keputusan yang cerdas dan rasional. Teori game terkait dengan tindakan yang dilakukan oleh para pengambil keputusan, dan mereka menyadari bahwa pilihan tindakan yang diambil akan mempengaruhi satu sama lain. justru lebih memerlukan keahlian berpikir dan memutuskan setiap gerakan secara hati-hati dan terencana. Video game strategi biasanya memberikan pemain atas kendali tidak hanya satu orang tapi minimal sekelompok orang dengan berbagai jenis tipe kemampuan, sampai kendaraan, bahkan hingga pembangunan berbagai bangunan, pabrik dan pusal pelatihan tempur, tergantung dari tema ceritanya. Pemain game strategi melihat dari sudut pandang lebih meluas dan lebih kedepan dengan waktu permainan yang biasanya lebih lama dan santai dibandingkan game action.

8.     elaskan pengertian game dibawah ini :
            1. Game sequntial dan simultan
·         Game sekuensial: pemain melakukan tindakan secara bergantian. Pemain berikutnya mengetahui (mungkin secara tidak utuh) tindakan yang diambil oleh pemain sebelumnya.
·         Game simultan: pemain melakukan tindakan secara bersamaan. Pada saat mengambil tindakan, pemain yang terlibat tidak mengetahui tindakan yang dipilih oleh pemain lainnya. Dalam hal ini, jeda waktu pengambilan tindakan antara sesama pemain tidak berpengaruh terhadap pilihan yang diambil oleh pemain ybs.

2. Game dengan informasi sempurna dan tidak sempurna
·         Game dengan informasi sempurna: pemain mengetahui dengan pasti tindakan yang diambil oleh lawannya, sebelum ia memilih tindakan -> asumsi ini hanya dapat dipenuhi oleh game sekuensial.
·         Game dengan informasi tidak sempurna: pemain tidak mengetahui tindakan yang dipilih lawannya sebelum permainan berakhir.

            3. Game dengan informasi lengkap dan tidak lengkap

·         Game dengan informasi lengkap (bedakan dengan sempurna): pemain mengetahui payoff lawannya
·         Game dengan informasi tidak lengkap: pemain tidak memiliki informasi lengkap tentang payoff lawannya.

4. Game kooperatif dan non kooperatif
·         Game kooperatif: para pemain membuat komitmen yang mengikat (binding commitment) untuk meningkatkan outcome mereka.
·         Game nonkooperatif: para pemain tidak membuat komitmen yang mengikat.

                  5. Zero-sum game dan nonzero-sum game
·         Zero-sum game: jumlah payoff dari setiap pemain sama dengan nol. Untuk game dengan 2 pemain, besar keuntungan di satu pihak sama dengan besar kerugian di pihak lain.
·         Non-zero-sum game: tidak demikian 



Sumber :

You Might Also Like

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.