Nama : Ery Rivaldi
NPM : 53414655
Kelas : 3IA22
Tugas ke- : 2
1.
User
Interface pada Game Komputer
Sebuah antarmuka
pengguna adalah sistem di mana pengguna berinteraksi
dengan mesin. Antarmuka pengguna mencakup perangkat keras dan perangkat
lunak. Antarmuka pengguna hadir untuk berbagai sistem, dan menyediakan cara
untuk:
·
Input,
memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sebuah sistem
·
Output,
memungkinkan sistem untuk menunjukan efek dari manipulasi pengguna
Secara umum, tujuan
dari teknik interaksi manusia-mesin adalah untuk menghasilkan sebuah antarmuka
pengguna yang membuatnya mudah, efisien, dan menyenangkan untuk mengoperasikan
sebuah mesin dengan cara yang menghasilkan hasil yang diinginkan. Ini biasanya
berarti bahwa operator harus menyediakan input minimal untuk mencapai output
yang diharapkan, dan juga bahwa mesin harus meminimalkan output yang tidak
diinginkan.
Antarmuka adalah
komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua
jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) danGraphical User
Interface(GUI).
Command
Line Interface(CLI).
CLI adalah tipe
antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi
melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem
operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu. Meskipun
konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang
berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan
lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama
command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft
menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux
sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.
Graphical User Interface(GUI)
GUI adalah tipe
antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi
melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk
( pointing device) seperti mouse atau track ball.
Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window,
icon, menu, pointing device).
Terdapat beberapa
macam fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna telematika. Fitur-fitur itu
antara lain:
1. Head Up Display System
Head Up Display (HUD) merupakan sebuah
tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk
melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari alat ini
yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan
melihat ke arah depan daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun
HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan
pada penerbangan sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi lainnya.
2. Tangible User Interface
Tangible User
Interface, yang disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat
berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial
Graspable User Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI
ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin
Tangible Media Group. Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible
bits, yaitu memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat
bit dapat dimanipulasi dan diamati secara langsung.
3. Computer Vision
Computer Vision
(komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang
melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang
digunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi
dari citra (gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan
video, pandangan deri beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari
hasil pemindaian medis.
Sumber :
http://caralengkap.com/2012/10/definisi-interfaceantar-muka-dan-contohnya.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna
0 komentar