Blender sebagai contoh aplikasi desain pomodelan grafik
- Selasa, Oktober 04, 2016
- By eryrv
- 0 Comments
Judul : Blender sebagai contoh aplikasi desain pomodelan grafik
Nama : Ery Rivaldi
Kelas : 3IA22
Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafik
Nama Dosen : Syefani Rahma Deski
Blender
adalah perangkat lunak sumber terbuka
grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini
digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D,
aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur
termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan,
simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat
digital, dan rendering.
Blender merupakan OSS
(Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di
berbagai macam OS (Operating System). Ini digunakan untuk dikembangkan secara
komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU General Public License).
Berikut adalah tutorial dari aplikasi blender.
Tutorial membuat animasi Bendera
Pusaka dengan menggunakan Aplikasi Blender
Pertama-tama kalian
harus intall terlebih dahulu aplikasinya. setelah aplikasi terinstall, buka
aplikasi blendernya.
Kemudian pada tampilan
awal terlihat objek cube didalamnya, delete saja objek cube tersebut dengan
menekan tombol Delete pada keyboard.
Dari objek Plane tersebut kita akan membuat sebuah
bendera yang nantinya akan kita beri efek angin pada bendera tersebut agar
bendera tersebut bisa berkibar dan tentunya sudah masuk kedalam pembuatan
animasi bergerak.
Setelah objek Plane tersebut berhasil ditambahkan
pada Layer, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat objek tersebut
tegak lurus mengarah sumbu y. caranya
kita merotasi objek Plane tersebut
dengan menekan tombol R pada
keyboard, setelah itu tekan y karena
kita ingin merotasi objek tersebut kearah sumbu y setelah itu untuk membuat objek tegak lurus kita klik 90 pada
keyboard untuk membuat objek tegak lurus 90 derajat. R + y ->> 90.
Untuk zoom langsung di
hadapan objek, yang kita lakukan hanyalah menekan tombol . (tombol titik) pada Numpad keyboard NUMPAD PERIOD.
Setelah itu klik Numpad 3 untuk merubah posisi pandangan
kita terhadap objek atau merubah pandangan Right
Persp. Klik kanan untuk select objek. Setelah itu pada objek kita klik
tombol S untuk Scale objek dan klik
tombol y untuk Scale kearah sumbu y.
setelah itu Tarik membentuk persegi panjang. S + y à
Tarik membentuk persegi panjang.
Klik kanan untuk select
objek setelah itu klik kanan dan tahan untuk memindahkan objek, memindahkan
objek ini juga dapat di kombinasikan dengan tiap sumbu untuk menentukan arah
kemana kita akan memindahkan objek. Disini objek akan dipindahkan ke arah atas
maka dari itu klik kanan tahan dan tekan tombol z untuk memindahkan objek ke
atas, setelah itu seperti biasa klik Numpad .(titik) dan Numpad 3 untuk merubah
perspektif kita terhadap objek tersebut.
Setelah itu pada objek kita akan melakukan Loop Cut and Slide dengan sebelumnya select objek terlebih dahulu dan ubah kedalam Edit Mode(yang tadinya Objeck Mode) dengan menekan tombol Tab pada Keyboard. Untuk melakukan prosedur Loop Cut and Slide kita hanya perlu select objek kemudian tekan Ctrl + R lalu scrool down (mouse wheel down) untuk menambahkan banyaknya yang akan kita perlukan. Dan lakukan lah secara vertical dan horizontal terhadap objek persegi panjang tersebut.
Setelah itu pada Edit mode, kita pilih vertex select. Setelah itu klik tombol B untuk menselect vertex dari objek persegi panjang. Lakukan ke dua vertex atas dan bawah kiri objek. Ini akan kita lakukan sebuah metode ikat tali agar supaya ketika bendera berkibar ditiup angin tidak akan terbang.
Setelah itu pilih Object Data lalu Vertex Groups pilih tambah(+) rubah name Group menjadi ikat, setelah itu pilih Assign pada Vertex Groups. Jika berhasil maka ketika kita Deselect lalu kita Select kembali (ikat) akan hilang dan mucul maka Vertex Groups telah berhasil ditambahkan.
Tekan A untuk menhilangkan apapun yang kita select pada objek. Setelah itu pada obejek kita select setengah bagian dari atas dan bawah objek persegi panjang ( sebelumnya ubah kedalam select by Face Select) sisi dari objek,b untuk penambahan warna merah dan putih sesuai dengan Bendera Negara Indonesia yaitu merah dan putih. Seperti biasa klik tombol B untuk select objek. Setelah objek berhasil di select maka kita akan melakukan penambahan warna dengan cara pilih Material lalu klik New pada Material setalah itu ubah nama menjadi Merah, dan lakukan Diffuse untuk warna merah dan pilih RGB untuk R(red) 255 . G dan B 0. Jangan lupa untuk Assign ketika selesai melakukan penambahan warna pada objek.
Specular
hanya
digunakan untuk menambahkan efek kilau pada objek kita bisa menambahkan sesuai
dengan Intensity nya. Tentunya efek kilau tersebut dapat juga dirubah warnanya.
Setelah semua penambahan warna selesai, maka kita beralih pada Object Mode, select bendera denangan klik kanan. Setelah itu pilih Physics setelah itu Enable physics for : Cloth. Pada Cloth kita kan menambahkan efek kain ketika bendera berkibar dan sekaligus mengaktifkan Pinning(ikat) dengan centang Pinning lalu pilih Vertex Group yang telah dibuat(ikat) pada Cloth.
Dan masih pada Enable physics for: Cloth. Pilih juga
Cloth Collision dan centang Self Collision. Supaya ketika
bendera berkibar, tidak ada benturan yang akan terjadi antara kibaran bendera
yang nantinya akan terjadi.
Jika kita ingin
mengujinya apakah bendera berhasil ter-Pinning maka kita bisa play dengan
memilih biasanya terletak biasanya terletak pada bagian bawah interface
blender. Maka dibawah ini adalah bendera ketika berhasil di Pinning.
Dapat dilihat kehalusan texture dari kilauan bendera masih kotak-kotak maka kita bisa menghaluskannya dengan memilih Shading:Smooth pada Object Tools (tekan T pada keyboard, jika tidak terlihat Object Tools), biasanya terletak di bagian kiri interface blender.
Dapat terlihat beda
dari yang sebelumnya, kilau objek lebih halus.
Setelah itu kita akan membuat efek angin dengan menambahkan nya pada Menu Add atau Shift + A lalu pilih Force Field ---> Wind.
Setelah item angin ditambahkan, langkah selanjutnya adalah ubah posisi angin(yang ada panahnya di item angin) mengarah bendera dengan cara merotasi menekan tombol R rotasi ke sumbu x 90 derajat mengarah ke bendera. Perlu diperhatikan titik dari koordinat sumbu harus tepat target bidik ke titik, usahakan agar ketika merotasi dapat lebih mudah. Dan jangan lupa untuk merubah ukuran angin dengan menekan tombol S untuk Scale item angin menjadi lebih besar, disini bukan berarti angin yang dikeluarkan juga akan lebih besar dan kuat. Memperbesar disini hanyalah untuk memperlebar wilayah dari hembusan angin.
Selanjutnya kita akan menambahkan besar dari
hembusan angin(Physiscs), dengan
select item angin klik kanan pada object angin.
Klik Play maka akan terlihat efek dari hembusan angin.
Selesailah tutorial
membuat bendera Merah Putih berkibar.
Sumber :
0 komentar