ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU
Manusia sebagai
makhluk sosial yang pada umumnya selalu berkelompok membangun kehidupannya, pada dasarnya manusia
sangatlah membutuhkan seseorang untuk berbagi rasa baik simpati maupun empati
kepada setiap orang untuk membangun adanya motivasi hidup. Yang disayangkan
adalah ketika manusia memilih kehidupannya dengan secara individualis, baik itu
dikarenakan lingkungan maupun dirinya sendiri yang beranggapan hidup bebas
tanpa adanya suatu relasi.
Sedikitnya
interaksi bahkan tanpa interaksi antara satu sama lain sangatlah mengerikan
jika suatu hal tersebut itu terjadi dan akan berdampak dikemudian hari. Dari
sana dapat dikatakan harus ada sesuatu hal yang menjadi pedoman dalam melakukan
hubungan sosialisasi hal nya manusia seutuhnya,dengan salah satunya adalah
adanya pengetahuan ISD atau Ilmu Sosial Dasar. Dalam berkehidupan berbangsa dan
bernegara ISD penerapannya sangatlah di butuhkan dalam peranan Mahasiswa
sebagai generasi penerus bangsa.
Pengertian, Tujuan ISD dan IPS
ISD dan IPS
sangatlah berkaitan dikarenakan Ilmu Sosial Dasar yaitu Ilmu yang mempelajari
masalah-masalah yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat baik dalam scala
kecil maupun scala besar hubungan timbal balik antara masyarakat dengan
lingkungan sosial. Ilmu ini menggunakan teori-teori sebagai pemecahan masalah
yang berasal dari berbagai bidang Ilmu Pengetahuan Sosial seperti Geografi
Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial
dan Sejarah.
Bertujuan untuk
dapat menyadari adanya perubahan sosial di lingkungan masyarakat, mengerti dan
memahami akan adanya tindak negatif dari lingkungan sosial agar tidak ada
kehadirannya dalam profokasi maupun demonstrasi huru hara, dan menyadari bahwa
setiap konflik ataupun permasalahan pasti selalu ada jalan keluar untuk
menyelesaikan permasalahan degan bijak, adil dan dengan kepala dingin.
ISD dan IPS
Semua
hubungan pastilah memiliki persamaan dan perbedaan meskipun diantara keduanya
memiliki hubungan yang sangat erat berkaitan antara satu sama lain, seperti
halnya ISD dan IPS juga memiliki persamaan dan perbedaan.
Persamaan :
Keduanya
sama-sama dibutuhkan di lingkungan kehidupan masyarakat, mendalamai tentang
pemahaman sosialisasi baik dengan lingkungan alam maupun masyarakat/keluarga,
adanya pemunculan masalah yang disertai dengan pemecahannya.
Perbedaan :
Pendalaman
konteksional Ilmu lebih kepada mereka yang study sedangkan yang tidak bersifat
nature, dibandingkan dengan IPS, ISD lebih kepada pembentukan karakteristik
bermasyarakat.
Ruang Lingkup ISD
1)
Ruang lingkup kenyataan sosial yang
timbul dari perbedaan tanggapan para ahli ilmu-ilmu sosial, sebab dengan adanya
perbedaan latar belakang disiplin ilmu maupun sudut pandang ilmu yang
mengakibatkan terjadinya permasalahan sosial. Namun dengan adanya pendekatan
interdisiplin/multidisiplin hal tersebut dapat memperkecil keadaan.
2)
Ruang lingkup kenyataan sosial yang
dibatasi oleh konsep-konsep sosial dasar yang sangat dibutuhkan dalam prospek
pendalaman dan pembelajaran setiap permasalahan sosial dalam Ilmu Pengetahuan
Sosial.
3)
Ruang lingkup kenyataan sosial yang
pada dasarnya terlibat dalam permasalahan sosial yang timbul pada kehidupan
masyarakat berkaitan antara satu dengan yang lainnya.
Sumber :
https://akhman.wordpress.com/2011/10/04/hakikat-dan-fungsi-isd-dalam-perguruan-tinggi/
http://ayupratami.blogspot.com/2012/12/pengertian-ilmu-sosial-dasar-ilmusosial.html
0 komentar