ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU

ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU

Manusia sebagai makhluk sosial yang pada umumnya selalu berkelompok  membangun kehidupannya, pada dasarnya manusia sangatlah membutuhkan seseorang untuk berbagi rasa baik simpati maupun empati kepada setiap orang untuk membangun adanya motivasi hidup. Yang disayangkan adalah ketika manusia memilih kehidupannya dengan secara individualis, baik itu dikarenakan lingkungan maupun dirinya sendiri yang beranggapan hidup bebas tanpa adanya suatu relasi.
Sedikitnya interaksi bahkan tanpa interaksi antara satu sama lain sangatlah mengerikan jika suatu hal tersebut itu terjadi dan akan berdampak dikemudian hari. Dari sana dapat dikatakan harus ada sesuatu hal yang menjadi pedoman dalam melakukan hubungan sosialisasi hal nya manusia seutuhnya,dengan salah satunya adalah adanya pengetahuan ISD atau Ilmu Sosial Dasar. Dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara ISD penerapannya sangatlah di butuhkan dalam peranan Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa.

Pengertian, Tujuan ISD dan IPS
ISD dan IPS sangatlah berkaitan dikarenakan Ilmu Sosial Dasar yaitu Ilmu yang mempelajari masalah-masalah yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat baik dalam scala kecil maupun scala besar hubungan timbal balik antara masyarakat dengan lingkungan sosial. Ilmu ini menggunakan teori-teori sebagai pemecahan masalah yang berasal dari berbagai bidang Ilmu Pengetahuan Sosial seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah.
Bertujuan untuk dapat menyadari adanya perubahan sosial di lingkungan masyarakat, mengerti dan memahami akan adanya tindak negatif dari lingkungan sosial agar tidak ada kehadirannya dalam profokasi maupun demonstrasi huru hara, dan menyadari bahwa setiap konflik ataupun permasalahan pasti selalu ada jalan keluar untuk menyelesaikan permasalahan degan bijak, adil dan dengan kepala dingin.

ISD dan IPS
            Semua hubungan pastilah memiliki persamaan dan perbedaan meskipun diantara keduanya memiliki hubungan yang sangat erat berkaitan antara satu sama lain, seperti halnya ISD dan IPS juga memiliki persamaan dan perbedaan.

Persamaan :
            Keduanya sama-sama dibutuhkan di lingkungan kehidupan masyarakat, mendalamai tentang pemahaman sosialisasi baik dengan lingkungan alam maupun masyarakat/keluarga, adanya pemunculan masalah yang disertai dengan pemecahannya.

Perbedaan :
            Pendalaman konteksional Ilmu lebih kepada mereka yang study sedangkan yang tidak bersifat nature, dibandingkan dengan IPS, ISD lebih kepada pembentukan karakteristik bermasyarakat.


Ruang Lingkup ISD

1)    Ruang lingkup kenyataan sosial yang timbul dari perbedaan tanggapan para ahli ilmu-ilmu sosial, sebab dengan adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu maupun sudut pandang ilmu yang mengakibatkan terjadinya permasalahan sosial. Namun dengan adanya pendekatan interdisiplin/multidisiplin hal tersebut dapat memperkecil keadaan.

2)    Ruang lingkup kenyataan sosial yang dibatasi oleh konsep-konsep sosial dasar yang sangat dibutuhkan dalam prospek pendalaman dan pembelajaran setiap permasalahan sosial dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.

3)    Ruang lingkup kenyataan sosial yang pada dasarnya terlibat dalam permasalahan sosial yang timbul pada kehidupan masyarakat berkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Sumber :

https://akhman.wordpress.com/2011/10/04/hakikat-dan-fungsi-isd-dalam-perguruan-tinggi/

http://ayupratami.blogspot.com/2012/12/pengertian-ilmu-sosial-dasar-ilmusosial.html

You Might Also Like

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.